Pada umumnya semua orang yang sering mengetik sebuah buku atau artikel baik makalah, skripsi dll sudah pasti bisa membuat daftar isi. Dan cara membuat nya pun bermacam-macam, ada yang membuat daftar isi yang bisa update otomatis, ada yang menggunakan gaya manual [titik-titiknya diketik manual]. Nah kali ini saya menawarkan cara membuat daftar isi yang gak musti ngetik titik-titiknya secara manual dan bisa update otomatis. Keunggulan dari cara ini di antara nya adalah daftar isi yang kita buat lebih rapi penampakan nya terlebih di bagian titik-titik yang biasa nya jika dibuat manual akan menjadi kurang rapi, juga daftar isi yang akan kita buat ini bisa meng-update nomor halaman, judul-judul, bahkan warna tulisan dengan mudah dan cepat. TKP BANG .........
Tentunya siapkan dulu artikel nya.
Cara yang saya gunakan untuk membuat daftar isi otomatis ini adalah dengan menggunakan fungsi HEADING STYLES. Akan tetapi, dalam menentukan HEADING, kita harus mengerti tentang pangkat dan kedudukan kata atau kalimat yang akan kita HEADING-kan.
Maksud nya seperti ini - contoh nya pada skripsi atau buku. Tentunya buku atau skripsi terdiri dari beberapa Bab. NAH...Pangkat Bab I sama dengan pangkat Bab II, begitu juga dengan Bab III dan seterusnya. Dengan kata lain, jika Bab I kita letakkan di HEADING 1, maka Bab II, Bab III, dan seterusnya juga harus kita letakkan di HEADING 1. Supaya mengerti langsung kita bahas aja .
Langkah Pertama adalah menentukan HEADING.
Blok Bab I lalu klik HEADING 1.
Biasanya setelah kita klik HEADING 1, warna dan bentuk font akan berubah. Kalo seperti itu langkah selanjutnya adalah MODIFY. Klik kanan di HEADING 1 lalu klik MODIFY. Maka akan tampil jendela modifikasi seperti ini :
Di jendela ini kita bisa merubah jenis, ukuran, dan warna font. Juga untuk menebalkan tulisan (BOLD), memiringkan (ITALIC), dan menggaris bawahi (UNDERLINE). Kita juga bisa mengatur alignment dan line spacing, bahkan memberi numbering dll.
Untuk langkah selanjutnya kita tinggal menentukan heading untuk judul-judul kecil.
- Jika ada poin A yang menjadi sub judul Bab
Contoh : Bab I PENDAHULUAN
A. Rumusan Masalah
Point (A) yang saya garis bawahi menjadi HEADING 2. Begitu juga dengan poin B, C dst jika ada.
Letakkan semuanya di HEADING 2 (karena kedudukan/pangkatnya sama)
Jadi intinya :
BAB I (HEADING 1)
BAB II (HEADING 1)
BAB III (HEADING 1)
BAB IV (HEADING 1)
Poin A, B, C, dst kepunyaan si BAB I (HEADING 2)
Poin A, B, C, dst kepunyaan si BAB II (HEADING 2)
Poin A, B, C, dst kepunyaan si BAB III (HEADING 2)
Poin A, B, C, dst kepunyaan si BAB IV (HEADING 2)
Poin 1, 2, 3, dst kepunyaan si BAB I (HEADING 3)
Poin 1, 2, 3, dst kepunyaan si BAB II (HEADING 3)
Poin 1, 2, 3, dst kepunyaan si BAB III (HEADING 3)
Poin 1, 2, 3, dst kepunyaan si BAB IV (HEADING 3)
jika ada poin 1.1 dst (HEADING 4)
Nah, seperti inilah gambaran kesamaan pangkat atau kedudukan Heading nya.
Note :
MODIFY hanya perlu dilakukan sekali aja untuk satu (INGAT!! hanya satu) HEADING karena ketika kita tempatkan sebuah judul di HEADING yang sama yang telah kita MODIFY, format nya akan otomatis ngikut.
Langkah terakhir adalah insert TABLE OF CONTENT. Klik REFERENCES lalu klik TABLE OF CONTENT lalu pilih salah satu.
SELESAI !!!
Tambahan :
Jika ada perubahan, baik perubahan penulisan judul, nomor halaman dll, kita hanya perlu merubah nya di artikel atau di tulisan kita. BUKAN DI DAFTAR ISI !
setelah perubahan di anggap sudah OK, tinggal update aja. Klik Update Table - Update Entire Table.
Maka secara otomatis Daftar Isi langsung meng-update perubahannya.
Biasa nya TABLE OF CONTENT standar hanya menampakkan sampai HEADING 3 saja, tapi buat sobat yang punya lebih dari 3 HEADING di artikel nya tidak perlu khawatir. Kita bisa menambah HEADING yang di tampilkan di TABLE OF CONTENT dengan cara :
Klik REFERENCES - TABLE OF CONTENT - klik INSERT TABLE OF CONTENT, lalu akan muncul jendela seperti ini :
tambahkan saja penampakan HEADING nya di "Show Levels" maksimum 9 HEADING.
SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL !......